Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Pembelajaran IPA SD merupakan mata kuliah yang bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam memahami pengembangan pembelajaran IPA SD serta membantu meningkatkan kemampuan praktis dalam mengembangkan pembelajaran yang berwawasan konstruktivisme dan memperhatikan kondisi lingkungan setempat/daerah. Materi perkuliahan meliputi: hakekat IPA, hakekat pembelajaran IPA SD, pengembangan pembelajaran IPA SD berwawasan konstruktivisme, dan implementasinya.

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib umum yang diperuntukkan untuk mahasiswa semester 2 (dua). Pendidikan Kewarganegaraan dikembangkan untuk memantapkan kepribadian mahasiswa agar secara konsisten mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air sepanjang hayat.

Konsep dasar matematika menyajikan materi yang terkait erat dengan materi yang sudah dipelajari di SMA/SMK/MA. Materi tersebut untuk mendasari pengembangan matematika selanjutnya, khususnya matematika yang nantinya akan diimplementasikan di Sekolah Dasar/MI. Secara garis besar materi selanjutnya adalah metode keilmuan matematika yang didalamnya terdapat Logika Matematika, Himpunan, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier, Relasi dan Fungsi, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat, Barisan dan Deret Bilangan,  Permutasi serta Kombinasi.

Mata kuliah Analisis Materi SD/MI merupakan kajian yang membahas tentang konsep analisis materi pembelajaran, pendekatan-pendekatan dalam menganalisis materi pembelajaran, prosedur/langkah-langkah melakukan analisis materi pembelajaran, serta bagaimana mendesain sebuah materi pembelajaran yang baik dan benar pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah/SD

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori psikologi perkembangan anak usia 7-12 tahun dalam membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Untuk mencapai kompetensi tersebut mahasiswa selain mempelajari materi pembelajaran, mahasiswa diharapkan juga berlatih mempraktekkan konsep-konsep dalam psikologi perkembangan anak usia 7-12 tahun.