Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Mata kuliah Analisis Materi SD/MI merupakan kajian yang membahas tentang konsep analisis materi pembelajaran, pendekatan-pendekatan dalam menganalisis materi pembelajaran, prosedur/langkah-langkah melakukan analisis materi pembelajaran, serta bagaimana mendesain sebuah materi pembelajaran yang baik dan benar pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah/SD

Konsep dasar matematika menyajikan materi yang terkait erat dengan materi yang sudah dipelajari di SMA/SMK/MA. Materi tersebut untuk mendasari pengembangan matematika selanjutnya, khususnya matematika yang nantinya akan diimplementasikan di Sekolah Dasar/MI. Secara garis besar materi selanjutnya adalah metode keilmuan matematika yang didalamnya terdapat Logika Matematika, Himpunan, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier, Relasi dan Fungsi, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat, Barisan dan Deret Bilangan,  Permutasi serta Kombinasi.

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib umum yang diperuntukkan untuk mahasiswa semester 2 (dua). Pendidikan Kewarganegaraan dikembangkan untuk memantapkan kepribadian mahasiswa agar secara konsisten mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air sepanjang hayat.

Pembelajaran IPA SD merupakan mata kuliah yang bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam memahami pengembangan pembelajaran IPA SD serta membantu meningkatkan kemampuan praktis dalam mengembangkan pembelajaran yang berwawasan konstruktivisme dan memperhatikan kondisi lingkungan setempat/daerah. Materi perkuliahan meliputi: hakekat IPA, hakekat pembelajaran IPA SD, pengembangan pembelajaran IPA SD berwawasan konstruktivisme, dan implementasinya.

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori psikologi perkembangan anak usia 7-12 tahun dalam membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Untuk mencapai kompetensi tersebut mahasiswa selain mempelajari materi pembelajaran, mahasiswa diharapkan juga berlatih mempraktekkan konsep-konsep dalam psikologi perkembangan anak usia 7-12 tahun.

Mencetak ahli rekayasa sipil adalah mencetak manusia yang mampu merancang pekerjaan dan bangunan public berskala besar. Dalam hal ini seorang lulusan Teknik Sipil dituntut menguasai matematika kompleks sehingga dapat melakukan analisis dan perhitungan yang seringkali dijumpai dalam mekanika, pemodelan maupun praktek rekayasa. Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk dapat melakukan
perhitungan kalkulus lanjut (diantaranya laju perubahan dalam ruang dimensi-n) dan aljabar linier (persamaan linear, vektor dan matriks). Di awal, mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai terminology dan teori kalkulus lanjut dan aljabar linear. Dan pada akhirnya mahasiswa akan diarahkan untuk dapat menerapkan konsep dan metode serta modelling pada banyak kasus rekayasa sipil.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip tajwid dan praktik membaca al-Quran; prinsip-prinsip menulis aksara Arab; dan membimbing mahasiswa dalam menghafalkan surat-surat pendek.

Mata Kuliah Pembelajaran Fiqh merupakan mata kuliah yang dirancang agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang desain sistem pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah, serta

mampu mengaplikasikan secara teoritik maupun praktik pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar matematika. Pembahasan ditekankan pada persamaan diferensial, persamaan derivative parsial, deret, dan penerapan integrasi dalam menyelesaikan masalah sederhana dalam rekayasa teknik sipil.

Mata kuliah ini akan membahas tentang pengajaran mikro dan supervisi klinis, delapan keterampilan dasar mengajar (keterampilan dasar bertanya, memberi penguatan, menggunakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, memimpin diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, mengajar kelompok kecil dan perorangan), rencana pembelajaran terintegrasi yang mengacu pada penilaian APKG 1 dan APKG 2 berorientasi PAIKEM BATIK.