Agribisnis

Mata Kuliah Ini mempelajari Teori Akuntansi mulai dari ruang lingkup akutansi sampai pada pembuatan laporan keuangan pada perusahaan jasa dan perusahaan dagang secara jujur, tepat berkelanjutan dan dapat dipertanggungjawakan.

Matakuliah ini merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Agribisnis semester IV. Matakulian manajemen agribisnis mempunyai sks 3 yang terdiri dari 2 sks tatap muka dan 1 sks praktikum. Manajemen agribisnis membahas tentang ruang lingkup agribisnis, mengelola organisasi agribisnis, analisis atas laporan keuangan, pembiayaan agribisnis, sistim pemasaran pertanian, analisis keputusan pemasaran, perencanaan produksi dalam agribisnis, pengendalian proses produksi dalam agribisnis, manajemen personalia, dan pengelolaan sumber daya manusia dalam agribisnis

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu  memahami konsep dasar etika dan bisnis serta mampu menggunakan pengetahuan tersebut untuk mengidentifikasi dan memecahkan berbagai persoalan etika dalam bisnis     

 

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang Empat Belas aspek yang berkenaan dengan keterampilan bahasa Indonesia. Empat Belas aspek dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama terdiri dari Tujuh kajian diantaranya: (1) pengertian bahasa dan bahasa Indonesia, (2) sejarah nama bahasa Indonesia, (3) sejarah perkembangan dan fungsi bahasa Indonesia, (4) karakteristik umum bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah (KTI), (5) karakteristik khusus bahasa Indonesia KTI, (6) penulisan kalimat KTI, dan (7) pengembangan paragraf KTI.  Pada tahap kedua terdiri dari: (1) jenis dan format karya tulis ilmiah, (2), Bagian-bagian karya tulis ilmiah, (3) mengenal artikel dan artikel ilmiah, (4) mengenal jurnal ilmiah, (5) menulis artikel ilmiah, (6) telaah tugas artikel ilmah, (7) penyempurnaan karya tulis ilmiah. Kedua tahap yang terdiri dari empat belas aspek kebahasaan tersebut selanjutnya dikaji dalam empat belas kali pertemuan yang dirinci sebagai berikut.

Pemberdayaan Masyarakat  merupakan salah satu mata kuliah  pada Prodi Agribisnis  yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 semester VI program studi Agribisnis.  Mata kuliah ini merupakan matakuliah yang mempelajari tentang pengembangan tentang konsep pemberdayaan masyarakat, tahapan pemberdayaan, pengorganisasian masyarakat, metode dan langkah-langkah pemberdayaan melalui mobilisasi, partisipasi,kaderisasi, pengembangan masyarakat sebagai proses perubahan sosial, meningkatkan partisipasi masyarakat melalui musyawarah masyarakat desa, focus group discussion (FGD) dan model-model pemberdayaan masyarakat.

Matakuliah ini mengarahkan alternatif profesi dengan membuka mindset mahasiswa tentang memulai usaha baru, bisnis baru, dimulai dengan penciptaan ide bisnis, menyusun bisnis model, mengelola dan mengembangkan bisnis sesuai dengan peluang dan tantangan 4.0.