Teknik Sipil


Hai Gaes, welcome to My Class. pada matkul ini kita akan membahas tentang GAMBAR STRUKTUR BANGUNAN, khususnya bangunan rumah tinggal. jadi nanti kita akan mempelajari tentang skala, gambar denah, gambar pondasi, gambar dinding, gambar lantai, gambar atap, gambar plafon, dan gambar sanitasi. Bersamaan dengan mata kuliah ini, ada tugas yang sangat mengasyikkan yaitu Menggambar Design Rumah dengan aplikasi AutoCAD. Yeayyy..... mengasyikkan bukan....?  ^_^ 

Dalam perkuliahan ini dibahas (1) nilai air, (2) sumber-sumber air, (3) kuantitas dan kualitas air, (4) kanservasi daerah aliran sungai, (5) pengendalian banjir dan kekeringan, (6) infrastruktur keairan,(7) pola dan rencana pengelolaan sumber daya air, (8) pengelolaan sumber daya air terpadu, dengan pemodelan manajemen sumberdaya air..

 

Mata kuliah ini menjelaskan prinsip-prinsip dasar sifat tanah yang terkait dalam bidang rekayasa

Teknik Sipil. Materi kuliah yang diberikan dalam mata kuliah ini merupakan dasar-dasar mekanika

tanah meliputi pembahasan tentang teori kuat geser tanah, tanah lateral kohesif, tanah aktif dan Pasif, pengujian

uji geser langsung, triaksial UU, CU, dan CD, teori tekanan tanah lateral Rankine dan Coulomb,

stabilitas lereng menerus (infinite slopes), finite slopes cara grafik, analisa keruntuhan garis, lingkaran,

gabungan, metode irisan bishop sederhana, pengaruh rembesan terhadap stabilitas lereng,

, tegangan dalam tanah, dan stabilitas lereng

 Mata kuliah Perkerasan Jalan adalah mata kuliah yang membahas tentang perencanaan jalan raya, bagaiamana deskripsi jalan raya, tahapan perencanaan sampai menghitung tebal perkerasan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat desain Perencanaan Perkerasan Jalan Raya  yang sesuai dengan standar dan kriteria perencanaan yang digunakan.

Mata kuliah ini memberikan penjelasan tenatang konsep-konsep dasar ilmu ukur tanah, yaitu menjelaskan konsep pengukuran jarak, asimut, sudut, dan beda tinggi. Selain itu diajarkan pula bagaimana mengolah data hasil ukuran tacimetri, detail, waterpassing, poligon tertutup, dan poligon terbuka.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar matematika. Pembahasan ditekankan pada persamaan diferensial, persamaan derivative parsial, deret, dan penerapan integrasi dalam menyelesaikan masalah sederhana dalam rekayasa teknik sipil.

Mencetak ahli rekayasa sipil adalah mencetak manusia yang mampu merancang pekerjaan dan bangunan public berskala besar. Dalam hal ini seorang lulusan Teknik Sipil dituntut menguasai matematika kompleks sehingga dapat melakukan analisis dan perhitungan yang seringkali dijumpai dalam mekanika, pemodelan maupun praktek rekayasa. Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk dapat melakukan
perhitungan kalkulus lanjut (diantaranya laju perubahan dalam ruang dimensi-n) dan aljabar linier (persamaan linear, vektor dan matriks). Di awal, mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai terminology dan teori kalkulus lanjut dan aljabar linear. Dan pada akhirnya mahasiswa akan diarahkan untuk dapat menerapkan konsep dan metode serta modelling pada banyak kasus rekayasa sipil.

Aplikasi komputer untuk bangunan teknik sipil

Perencanaan aplikasi komputer untuk bangunan teknik sipil sesuai dengan SNI