Manajemen

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib umum yang diperuntukkan untuk mahasiswa semester 2 (dua). Pendidikan Kewarganegaraan dikembangkan untuk memantapkan kepribadian mahasiswa agar secara konsisten mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air sepanjang hayat.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah kemampuan berkarya yang memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk memahami teori, konsep dan dan analisis yang bersumber dari literatur dan jurnal (terakreditasi Nasional maupun Internasional)  yang berkaitan dengan Struktur Modal, Rencana Investasi dan Dividend Policy.

Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, diskusi, dan praktek lapang mata kuliah ini berfokus pada :

(1) pengambilan keputusan keuangan strategik tradisional (pendekatan teoritik) pada korporasi,

(2) pengambilan keputusan keuangan strategik  di bidang rencana investasi riel, dan

(3) pengambilan keputusan keuangan di bidang pembagian pendapatan bersih korporasi  yang berkaitan dividend  vs  reinvestasi.

Matakuliah ini mengarahkan alternatif profesi dengan membuka mindset mahasiswa tentang memulai usaha baru, bisnis baru, dimulai dengan penciptaan ide bisnis, menyusun bisnis model, mengelola dan mengembangkan bisnis sesuai dengan peluang dan tantangan 4.0.

Mata kuliah ini berorientasi pada tinjauan lembaga keuangan yang mendasarkan pada sistem ekonomi Islam (syari’ah). Operasional Keuangan Syari’ah sebagai suatu wacana meliputi pembahasan: Bank Syari’ah, Pasar Uang Syari’ah, Reksadana Syari’ah, Asuransi Syari’ah, Pegadaian Syari’ah, Koperasi Syari’ah. Penekanan pada Bank Syari’ah dimaksudkan sebagai upaya untuk mendorong pengembangan Bank syari’ah  dengan memperhatikan bahwa mayoritas umat muslim di Indonesia pada saat ini sangat menantikan suatu sistem perbankan syari’ah yang sehat dan terpercaya  untuk mengakomodasi kebutuhan mereka terhadap layanan jasa perbankan yang sesuai dengan prinsip syari’ah. Pencapaian tujuan pembelajaran pada mata kuliah ini tidak hanya ditekankan pada materi-materi yang bersifat kognitif (knowledge & abilities), melainkan juga dilengkapi dengan keahlian-keahlian atau ketrampilan-ketrampilan (skills), perilaku-perilaku atau sikap (behavior/attitude) tertentu.

 

1)    Nama Matakuliah       :  EKONOMI ISLAM

2)    Nomor Kode               :  MPK 6 16 06

3)    Bobot SKS                  :  2 (50 menit x 2)

4)    Semester                    :  VI

5)    Kelompok MK             :  Matakuliah Wajib Umum (MWU)

6)    Prodi                            :  Manajemen

7)    Status MK                   :  Wajib

8)    Prasyarat                    :  -

9)    Dosen                          :  Koordinator Ekonomi Islam

Mata Kepemimpinan Manajerial dirancang untuk membantu mahasiswa memahami karakter, karakteristik, dan tantangan kepemimpinan dalam berbagai organisasi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan tentang tuntutan kepemimpinan dan mengeksplorasi bagaimana keterampilan kepemimpinan dapat dikembangkan dan diterapkan secara efektif. Interaksi dengan beberapa narasumber selama perkuliahan akan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengamati dan menganalisis berbagai pendekatan kepemimpinan di berbagai organisasi (pengusaha besar dan kecil, domestik dan global, swasta dan publik, organisasi laba dan nirlaba).

Tujuan perkuliahan adalah untuk membantu siswa mempersiapkan diri, dan membuat mereka lebih peka terhadap, peluang berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka sendiri.

Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang pengertan statistik, Data, Pengumpulan dan Pengolahan data, Penyajian data, Distribusi Frekuensi, Pengukuran nilai sentral, Pengukuran letak,Pengukur Penyebaran Pengukuran kemiringan dan keruncingan, teori Probabilitas sampai Pendugaan interval pada sampel