Perbankan Syariah


Mata kuliah ini menjelaskan tentang karakteristik dasar fikih muamalah dan metode ijtihad yang digunakan oleh para ulama dalam menetapkan hukum terkait permasalahan kontemporer seputar muamalah. Dalam  mata kuliah ini, akan dikaji permasalahan kontemporer seputar akad jual beli, sewa-menyewa, kerjasama, dan akad tabarru dengan tidak hanya terfokus pada satu madzhab tertentu melainkan meliputi sudut pandang berbagai madzhab beserta dengan argumentasinya.

Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai sejarah peradaban Islam, kemajuan dan kemundurannya dalam berbagai fase sejarah, sejak awal kemunculannya pada masa Nabi saw, dan kemudian disusul masa khulafa Rasyidin, fase kemajuan, fase disintegrasi, fase kemunduran, fase tiga kerajaan besar dan juga fase-fase sejarah kedatangan dan perkembangan Islam di Nusantara, yang sangat penting diketahui hikmah dari sejarah tersebut bagi mahasiswa

  1. Mata kuliah ini bertujuan pada tinjauan dan diskusi sistem moneter dalam Islam serta praktek lembaga keuangan baik di sektor perbankan atau non-bank.
  2. Mata kuliah ini akan membahas dan menganalisis pengetahuan dasar tentang arti dan fungsi LKS dan produk-produknya, yang meliputi: perbankan syariah, Pasar modal syariah, Asuransi Syariah, Perusahaan Pembiayaan Syariah (BMT, Koperasi Syariah, Fintech Syariah), Pegadaian Syariah, Modal Ventura Syariah, Dana Pensiun Syariah, dan Penjaminan Syariah.

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib umum yang diperuntukkan untuk mahasiswa semester 2 (dua). Pendidikan Kewarganegaraan dikembangkan untuk memantapkan kepribadian mahasiswa agar secara konsisten mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air sepanjang hayat.