Blok Cardiorespiratory System  merupakan blok yang mempelajari tentang dua sistem yaitu sistem cardiovaskuler dan sistem respirasi. Berdasarkan tema tahunan pada tahun pertama yaitu mempelajari tentang struktur fungsi normal tubuh manusia, maka pada blok ini mempelajari tentang anatomi dan histologi sistem cardiovaskuler dan respirasi ditambah dengan fisiologi kedua sistem tersebut secara mendalam.

Blok  Cardiorespiratory System akan berjalan selama 4 minggu dan setiap minggu mahasiswa akan diberikan kasus untuk mengarahkan pemahaman tema pada minggu tersebut . Kegiatan yang dilakukan adalah kuliah interaktif, tutorial, praktikum dan CSL serta membuat karya tulis ilmiah berupa referat atau journal reading. Sistem assessment yang dilakukan adalah ujian mingguan, ujian blok, ujian praktikum dan OSCE yang akan dilakukan pada akhir semester.

Topik minggu pertama adalah tentang Anatomi Histologi Sistem Kardiovaskular. Pada minggu ini mahasiswa akan belajar secara keseluruhan dan mendalam tentang anatomi dan histologi sistem cardiovaskular dengan kasus pemicu yang membantu mahasiswa memahami anatomi dan histologi serta embriologi sistem cardiovaskular. Kegiatan lain yang dilakukan selain kuliah dan tutorial adalah praktikum anatomi dan histologi serta CSL anamnesis dan pemeriksaan fisik thorax.

Topik minggu kedua adalah tentang Fisiologi Sistem Kardiovaskular. Pada minggu ini akan diajarkan fisiologi sistem Kardiovaskular dengan lebih mendetail disertai dengan kasus pemicu yang membantu mahasiswa memahami fisiologi dan patofisiologi tejadinya abnormalitas yang mendasari suatu penyakit. Kegiatan lain yang dilakukan selain kuliah dan tutorial adalah CSL pemasangan EKG dan intepretasi EKG normal serta kegawat daruratan.

Topik minggu ketiga adalah tentang Anatomi Histologi Traktus Respiratorius. Pada minggu ini, mahasiswa akan mempelajari tentang anatomi, histologi dan imunologi pada sistem respirasi secara lebih mendetail disertai dengan kasus pemicu yang membantu mahasiswa memahami fisiologi dan patofisiologi terjadinya gangguan pada sistem respirasi bagian atas. Kegiatan lain yang dilakukan selain kuliah dan tutorial adalah praktikum anatomi dan histologi serta CSL pemeriksaan hidung dan tenggorokan.

Topik minggu keempat adalah tentang Fisiologi Traktus Respiratorius. Pada minggu ini, mahasiswa akan mempelajari fisiologi  sistem respirasi disertai dengan kasus pemicu yang membantu mahasiswa memahami fisiologi dan patofisiologi terjadinya gangguan pada sistem respirasi. Kegiatan lain yang dilakukan selain kuliah dan tutorial adalah praktikum praktikum fisiologi pernafasan (VO2 max), CSL pemeriksaan fisik thorax khususnya paru – paru. praktikum fisiologi pernafasan (VO2 max).