Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai manajemen pemasaran. Mata Kuliah ini memberikan gambaran tentang bagaimana perusahaan berupaya mencapai tujuan pemasarannya dengan menentukan segmen pasar yang harus dilayani dan melayani pasar sasaran tersebut dengan menggunakan sumber-sumber yang memadai. Kepuasan pelanggan merupakan faktor pengendali untuk merumuskan bauran pemasaran yang sesuai, berupa produk, harga, distribusi dan promosi. Perencanaan, implementasi dan pengendalian oleh manajer pemasaran berkaitan dengan aspek-aspek tersebut memerlukan pengambilan keputusan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, baik lingkungan makro ekstern maupun mikro ekstern, termasuk lingkungan persaingan.Setelah menempuh mata kuliah ini maka  para mahasiswa dapat memahami tentang bagaimana mengambil keputusan di bidang pemasaran seperti halnya yang dilakukan oleh seorang manajer pemasaran. Pengambilan keputusan ini mencakup segala aspek pemasaran yang berkaitan dengan perencanaan, penganalisisan, pengimplementasian dan pengendaliannya.