Blok Siklus Hidupmerupakan blok ketiga yang dilaksanakanpada tahun kedua. Blok ini mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia secara fisiologis mulai dari neonatus hingga dewasa serta perubahan-perubahanyang terjadi pada geriatri. Pembahasan topik – topik tersebut ditinjau secara fisiologissesuai dengan tema tahunan pada tahun kedua.

Blok ini terdiri dari empat minggu. Pada minggu pertamamahasiswa akan diberikan kasus yang berkaitan dengan pertumbuhan anaksejak baru lahir. Pada minggu ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan neonatus-balita-anak, sertakebutuhan gizi dan imunisasi anak. Keterampilan klinis yang diajarkan adalah anamnesis pemeriksaan fisik pada anak dan menilai pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pada minggu keduamahasiswa akan diberikan kasus yang berkaitan dengan perkembangan remaja. Pada minggu ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan tentang pertumbuhan dan tanda-tanda perkembangan kepribadian remaja – dewasa, kebutuhan gizi pada remaja hingga dewasa. Keterampilan klinis yang diajarkan adalah asuhan bayi baru lahir dan prosedur imunisasi pada anak. Di minggu ini akan ada studi lapangan.

 Pada minggu ketigamahasiswa akan diberikan kasus yang berkaitan dengan gerontologi. Pada minggu ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan tentang somatik, kognitif dan psikologis serta kebutuhan gizi pada gerontologi. Minggu ini sekaligus minggu ujian.

Kegiatan pada blok ini selain tutorial, juga diberikan kuliah yang menunjang penguasaan tujuan pembelajaran mahasiswa. Materi kuliah tentang bahan alam yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia serta Islamic views on human lifediberikan sebagai muatan lokal untuk memperkaya wawasan mahasiswa. Pada blok ini juga mulai diberikan materi tentang dasar – dasar farmakologi yang berguna untuk memberikan bekal mahasiswa sebelum memasuki tahun ketiga yang bertemakan sistem tubuh patologis.Selain kuliah dan tutorial, mahasiswa akan melakukan studi lapangan dan ketrampilan klinis sebagai pelengkap blok ini, sertapenugasan blok dengan menulis makalah bertemakan Islamic views on human life.