Blok Endocrine, Metabolism and Nutritionmerupakan blok yang mempelajari tentang sistem endokrin dan pengaruhnya pada metabolisme dan nutrisi beserta kelainannya. Selain itu, blok ini juga mambahas kelainan genetik pada sistem endokrin yang menyebabkan kelainan pada metabolisme dan nutrisi.

Blok  Endocrine, Metabolism and Nutrition merupakan blok kelima yang dilaksanakan di tahun ketiga pada kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang dilaksanakan di FK UNISMA. Blok ini berjalan selama 4 minggu yang tersusun atas serangkaian pembelajaran untuk mengarahkan pemahaman mengenai topik bahasan blok ini. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan antara lain: kuliah interaktif, tutorial, dan CSL serta membuat karyatulis ilmiah berupa referat atau journal reading. Proses penilaian blok akan dilakukan dalam bentuk ujian mingguan, ujian blok, dan OSCE yang akan dilakukan pada akhir semester.

Pada minggu pertama mahasiswa akan mempelajari tentang metabolisme dan nutrisi beserta kelainannya. Pada minggu ini akan diberikan materi kuliah tentang overview metabolisme dan kelainan – kelainan metabolisme serta materi tentang nutrisi dan nutritional therapy. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang Keislaman, gaya hidup sehat, peresepan nutrisi, peresepan olahraga dan peresepan obat. Selain itu juga dipelajari metabolisme karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, mineral, dan vitamin serta CSL integrasi. Pada kegiatan ini mahasiswa harus mampu melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, merencanakan pemeriksaan penunjang, memberikan terapi dan konseling pada kasus-kasus penyakit yang berhubungan dengan kelainan metabolisme dan nutrisi.

Pada minggu kedua mahasiswa akan mempelajari tentang hormon yang tidak diatur oleh susunan syaraf pusat atau hormon non Hipotalamus-Pituitary/HP axis (Hormones independentto HP axis) antara lain hormon yang dihasilkan oleh pankreas, kelenjar paratiroid, ginjal (vitamin D, epinephrin dan eritropoetin), adiposit (adiponektin, grelin, leptin) beserta kelainannya. Pada minggu ini akan diberikan overview singkat tentang fisiologi hormon (independentHP axis) ditambah dengan materi kuliah tentang hormon yang diproduksi oleh pankreas dan kelainannya, diabetes mellitus (DM) serta terapi farmakologi untuk DM. Selain itu juga dipelajari tentang hormon paratiroid, metabolisme calsium dan phosphat serta CSL integrasi. Pada kegiatan ini mahasiswa harus mampu melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, merencanakan pemeriksaan penunjang, memberikan terapi dan konseling pada kasus-kasus penyakit yang berhubungan dengan kelainan hormon yang tidak tergantung HP axis.

Minggu ketiga mahasiswa akan mempelajari tentang Hormon yang tergantung Aksishipothalamus-pituitari (Dependent H-P axis Hormones) yaitu Hormon hipotalamus, Hormon pituitari anterior dan hormon pituitari posterior beserta axisnya yakni Gonad (testis & ovarium), Adrenal, dan Tiroid beserta kelainannya. Pada minggu ini diberikan overview fisiologi Hipotalamus pituitari axis ditambah dengan materi kuliah tentang Melanin, growth hormone, thyroid, hormon yang mempengaruhi reproduksi pria dan wanita, hormon adrenal dan kelainannya, kuliah kehati tentang sumber dan efek bahan alam terhadap kelainan sistem endokrin yang merupakan muatan lokal FK UNISMA. Pada kegiatan CSL integrasi minggu ini, mahasiswa harus mampu melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, merencanakan pemeriksaan penunjang, memberikan terapi dan konseling pada kasus-kasus penyakit yang berhubungan dengan kelainan endokrin yang tergantung HP axis.

Minggu keempat adalah minggu tugas, ujian dan review kuliah bila ada. Pada minggu ini, mahasiswa harus mempresentasikan makalah tentang berbagai kelainan pada sistem endokrin.