Mata kuliah Fisiologi sistem Endokrin, Metabolisme dan Nutrisi adalah Mata kuliah yang diajarkan dalam sistem blok. Sistem blok adalah sistem dan proses pembelajaran yang dilakukan dalam 1 minggu tentang sub bab atau beberapa topik yang dikelompokkan menjadi satu. Pembelajaran blok menggunakan sistem 1 minggu pembelajaran setara dengan 1 SKS  atau setara dengan 16 jam TATAP MUKA dan 16 Jam kegiatan Praktikum atau Keterampilan klinis kegiatan lain yang memberikan kredit atau waktu belajar minimal 32 jam hingga maksimal 48 jam seminggu.

Fisiologi Sistem-Endokrin, Metabolisme Dan Nutrisi/FS-EMN (EMN-1) merupakan blok yang mempelajari tentang endokrin/hormon, metabolisme dan nutrisi. Berdasarkan tema tahunan pada tahun pertama yaitu mempelajari tentang fungsi normal tubuh manusia, maka pada blok ini mempelajari tentang anatomi, dan histologi dari sistem endokrin (hipotalamus, hipofise, tiroid, adrenal, gonad, pangkreas, paratiroid dan organ-organ endokrin lainnya) dan fungsi dari hormon yang diproduksi oleh organ endokrin tersebut SERTA metabolisme nutrisi baik mikro maupun makro secara mendalam.

Blok  Fisiologi Sistem-Endokrin, Metabolisme Dan Nutrisi(FS-EMN / EMN-1) akan berjalan selama 4 minggu dan setiap minggu mahasiswa akan diberikan kasus untuk mengarahkan pemahaman tema pada minggu tersebut . Kegiatan yang dilakukan adalah kuliah interaktif, tutorial, dan praktikum serta membuat karya tulis ilmiah berupa Text book reading. Sistem assessment yang dilakukan adalah ujian mingguan, ujian blok, dan ujian praktikum yang akan dilakukan pada akhir blok.

Topik minggu pertama adalah tentang Metabolisme makronutrien. Pada minggu ini mahasiswa akan belajar secara keseluruhan dan mendalam tentang nutrisi makro dan metabolisme nutrisi makro yakni glukosa/karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat. Kegiatan lain yang dilakukan selain kuliah dan tutorial adalah praktikum kimia terkait metabolisme.

Topik minggu kedua adalah tentang Metabolisme mikronutrien. Pada minggu ini akan diajarkan fisiologi dan metabolisme dari berbagai nutrisi mikro baik vitamin maupun mineral yang memperantarai metabolisme dan atau diperlukan untuk fungsi tubuh manusia dengan lebih mendetail disertai dengan kasus pemicu yang membantu mahasiswa memahami fisiologi dan patofisiologi kelainan metabolisme dan nutrisi. Kegiatan dilakukan dalam bentuk kuliah dan tutorial..

Topik minggu ketiga adalah tentang Basic Endocrine and non HP dependent axis hormones. Pada minggu ini, mahasiswa akan mempelajari tentang prinsip ligand reseptor, mekanisme kerja hormon, transduksi sinyal, feed back dan  anatomi-histologi dari endokrin non HP-axis yakni pangkreas dan paratiroid. Selan itu, mahasiswa dengan kasus pemicu akan mempelajari tentang fisiologi dan patofisiologi dasar terjadinya kelainan pada hormon non HP dependent axis yang membantu regulasi/metabolisme makro atau mikro nutrien. Kegiatan lain yang dilakukan secara kuliah dan tutorial.

Topik minggu keempat adalah tentang Anatomi-histologi dan fisiologi HP dependentg Axis hormones. Pada minggu ini, mahasiswa akan mempelajari anatomi, histologi dari hipotalamus, hipofise, adrenal,dan tiroid (gonad dipelajari di repro-1). Selain itu, mahasiswa juga belajar tentang fisiologi dari hormon dependent axis yakni tiroid dan adrenal serta master gland hormones seperti TSH, FSH, LH, ACTH dan lainnya. Pemahaman ini dibutuhkan untuk mengetahui mekanisme kerja dan patofisiologi terjadinya gangguan pada endokrin yang tergantung pada hipotalamus dan hipofise. Kegiatan lain yang dilakukan selain kuliah dan tutorial adalah ujian responsi dan ujian blok mengingat minggu ke-4 adalah minggu untuk ujian