Blok Patologi Sistem Endokrin, Metabolisme dan Nutrisi merupakan blok yang mempelajari tentang patologi / kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem endokrin dan pengaruhnya pada metabolisme dan nutrisi beserta kelainan sistem metabolisme dan nutrisi baik primer maupun sekunder. Oleh sebab itu, blok ini juga mambahas kelainan genetik pada sistem endokrin, metabolisme dan nutrisi yang menyebabkan kelainan pada regulasi dan fungsi sistem hormonal, metabolisme dan nutrisi.

Blok Patologi Sistem Endokrin, Metabolisme dan Nutrisi merupakan blok keenam yang dilaksanakan di tahun ketiga pada kurikulum berbasis kompetensi (KBK) 7 Semester kurikulum 2018 yang dilaksanakan di FK UNISMA. Blok ini berjalan selama 4 minggu yang tersusun atas serangkaian pembelajaran untuk mengarahkan pemahaman mengenai topik bahasan blok ini. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan antara lain: kuliah interaktif, tutorial, dan CSL serta membuat karyatulis ilmiah berupa referat atau journal reading. Proses penilaian blok akan dilakukan dalam bentuk ujian mingguan, ujian blok, dan OSCE yang akan dilakukan pada akhir semester.

Pada minggu pertama mahasiswa akan mempelajari tentang Kelainan metabolisme dan nutrisi terkait Makro dan Mikronutrien (Karbohidrat, Lemak, Protein, Asam urat dan Mikronutrien Vitamin). Pada minggu ini akan diberikan materi kuliah tentang overview metabolisme makronutrien dan mikronutrien  terutama vitamin. Pada minggu ini dibahas kelainan nutrisional seperti Kekurangan energi protein, inborn error of metabolisme, dan lain-lain serta penentuan statusKelainan nutrisi dan nutritional therapy. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang Keislaman, gaya hidup sehat, peresepan nutrisi, peresepan olahraga dan peresepan obat. Mahasiswa juga diminta mereview kembali blok Fisiologi Sistem Endokrin Metabolisme dan Nutrisi-1 tentang metabolisme karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, mineral, dan vitamin serta CSL integrasi. Pada kegiatan ini mahasiswa harus mampu melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, merencanakan pemeriksaan penunjang, memberikan terapi dan konseling pada kasus-kasus penyakit yang berhubungan dengan kelainan metabolisme dan nutrisi.

Pada minggu kedua mahasiswa akan mempelajari tentang kelainan mikronutrien (mineral) dan hormon yang tidak diatur oleh susunan syaraf pusat atau hormon non Hipotalamus-Pituitary/HP axis (Hormones independent to HP axis) antara lain hormon yang dihasilkan oleh pankreas, kelenjar paratiroid, ginjal (vitamin D, epinephrin dan eritropoetin), adiposit (adiponektin, grelin, leptin) beserta kelainannya. Pada minggu ini akan diberikan overview singkat tentang fisiologi hormon (independentHP axis) ditambah dengan kelianan hormon pankreas, diabetes mellitus (DM) serta terapi farmakologi untuk DM. Selain itu juga dipelajari tentang hormon paratiroid, metabolisme calsium dan phosphat serta metabolisme mineral lainnya disertai dengan CSL integrasi. Pada kegiatan ini mahasiswa harus mampu melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, merencanakan pemeriksaan penunjang, memberikan terapi dan konseling pada kasus-kasus penyakit yang berhubungan dengan kelainan hormon yang tidak tergantung HP axis.

Minggu ketiga mahasiswa akan mempelajari tentang Kelainan hormon yang tergantung Aksis hipothalamus-pituitari (Dependent H-P axis Hormones) untuk Kelaiann hipotalamus, kelaianan pituitary posterior, dan kelainan H-P-Tiroid Axis. Pada minggu ini diberikan overview  tentang hormon Hipotalamus, hipofise posterior, hipofise anterior terutama untuk Growth hormone, tiroid, dan prolaktin dan kelainannya, kuliah kehati tentang sumber dan efek bahan alam terhadap kelainan sistem endokrin yang merupakan muatan lokal FK UNISMA. Pada kegiatan CSL
integrasi minggu ini, mahasiswa harus mampu melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, merencanakan pemeriksaan penunjang, memberikan terapi dan konseling pada kasus-kasus penyakit yang berhubungan dengan kelainan endokrin yang tergantung HP axis.

Minggu Keempat mahasiswa akan mempelajari tentang Kelainan hormon yang tergantung Aksis hipothalamus-pituitari (Dependent H-P axis Hormones) untuk kelenjar Adrenal dan gonad (HPAdan HPG-axis) disorders. Pada minggu ini juga merupakan adalah minggu tugas, ujian dan review kuliah bila ada. Pada minggu ini, mahasiswa harus mempresentasikan makalah/tugas pengganti responsi, tugas mandiri blok dan lain-lain terkait dengan berbagai kelainan sistem endokrin, metabolisme dan nutrisi.