Mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa memiliki kompetensi akademik dalam melakukan kajian literasi sains di sekolah, mengkaji pemilihan materi BI, dan problema dalam pengembangan materi BI, serta mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam mengembangkan materi BI berbasis teknologi informasi.

Matakuliah ini menyajikan materi tentang sastra anak yang dapat digunakan sebagai materi ajar di sekolah. Matakuliah ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk dapat menulis dan mempublikasikan karya sastra anak.

 

   

Mata kuliah Kajian Sastra Transdisipliner menyajikan pembahasan hakikat, filosofi, definisi, karakteristik, urgensi mengkaji sastra interdisipliner, mengkaji dan menulis artikel ilmiah tentang sastra dan pendidikan;  sastra dan ekonomi (storynomics); sastra dan sejarah; sastra dan kesehatan; sastra dan gastronomi; sastra dan bahasa; sastra dan budaya; sastra dan lingkungan; sastra dan politik; sastra dan film, sastra dan ilmu-ilmu alam, dan kajian kritis sastra interdisipliner untuk pembelajaran sastra terkini. Setelah mengikuti perkuliahan Kajian Sastra Interdisipliner, mahasiswa diharapkan dapat merancang pembelajaran sastra yang akomodatif terhadap interdisiplineritas.

 

Deskripsi Matakuliah:Matakuliah ini merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia pada semester satu. Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa mampu memecahkan permasalahan pemerolehan bahasa kedua melalui pendekatan interdisipliner dengan cara membekali pengetahuan mengenai teori-teori dan mengkaji (menelaah) isu-isu penelitian dalam bidang bahasa dan pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme serta memperluas perspektif keilmuan tentang pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa kedua.

Matakuliah Filsafat ini merupakan matakuliah yang wajib diprogram oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana UNISMA. Matakuliah ini memiliki bobot SKS sebesar 2 SKS. Dengan mempelajari matakuliah ini maha siswa peserta matakuliah diharapkan memahami seluruh pokok bahasan dalam matakuliah ini yang meliputi: Pengertian Filsafat Ilmu; Sub Satansi dan Fungsi Filsafat Ilmu, Dasar-dasar Pengetahuan, Teori Kebenaran Ilmiah, Objek Kajian Filsafat Ilmu, Ontologi: Hakikat Apa yang Dikaji, Epistimologi: Cara Mendapatkan Pengetahuan yang Benar, Aksiologi: Nilai Kegunaan Ilmu, Logika Ilmu dan Berpikir Ilmiah, Ilmu dan Bahasa, Ilmu dan Matematika, Ilmu dan Kebudayaan, Etika Ilmu, Hipotesis dan Metode Ilmiah, Penelitian dan Penulisan Ilmiah. 

Matakuliah Sastra Indonesia dan Pembelajarannya menyajikan pernasalahan bagaimana sastra Indonesia bisa diajarkan di sekolah, sebagai baian dari keterampilan berbahasa (dan bersastra). Sastra kini berkembang sebagai bidang ilmu yang menjelajah dan bertransformasi menjadi lebih cair dalam bentuk maupun perkembangan teorinya. Bagaimana para calon pengembang media pembelajaran di sekolah dapat memanfaatkan matakuliah Sastra Indonesia dan Pembelajarannya untuk memetakan pembelajaran dan kebutuhan pembelajaran sastra terkini yang sarat dengan muatan teknologi, cara berkomunikasi yang efektif dalam memajankan sastra, dan mampu menumbuhkan dan mengembangkan karakter baik siswa melalui pembelajaran sastra. Materi utama matakuliah ini adalah: identifikasi kebutuhan pengajaran dan pembelajaran sastra berbasis teknologi dan digitalisasi, peran sastra dalam industri kreatif, mengangkat lokalitas dan nilai Indonesia dalam alih wahana sastra agar berterima secara global, dan bagaimana mengembangkan pembelajaran sastra menjadi pembelajaran yang elevan dengan kebutuhan siswa masa kini dan masa depan.

Selamat datang di kuliah daring KAJIAN SASTRA ANAKMatakuliah ini menyajikan materi tentang sastra anak yang dapat digunakan sebagai materi ajar di sekolah. Matakuliah ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk dapat menulis dan mempublikasikan karya sastra anak. 

Matakuliah ini wajib diikuti oleh mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia semester tiga. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki sikap positif religius Aswaja, 

mampu menjelaskan konsep dasar Bahasa Indonesia Lanjut, menyusun rancangan penelitian pembelajaran BI yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis),

mengiambil data dan menganalisis data keterampilan berbahasa Indonesia lanjut  reseptif dan produktif (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) , da menghasilkan karya tulis (artikel hasil penelitian)

yang memenuhi syarat kualifikasi publikasi ilmiah.

Mata kuliah Metodologi Penelitian II Bahasa Sastra dan Pengajarannya ini merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa S2 Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menelaah konsep dasar oientasi teoretik (filosofis dan paradigma) penelitian kualitatif, menganalisis karakteristik penelitian kualitatif, menyusun proposal penelitian kualitatif dan melakukan penelitian kualitatif untuk menghasilkan artikel hasil penelitian kualitatif.